HOTLINE: 021-8997 1188
26 Maret 2019
[Blog Competition #DeltamasDigitalDay] KOTA DELTAMAS: Kota Mandiri Bertaraf Internasional

Jalan-jalan ke tempat baru itu sangat menyenangkan sekali, selain memberikan pengalaman baru, tentu saja akan memperkaya ilmu dan wawasan kita menjadi lebih banyak lagi. Dan begitu jugalah yang saya rasakan saat diajak bertandang ke Kota Deltamas.

Jadi, beberapa waktu yang lalu (08/12/18), saya berkesempatan menghadiri acara Sinar Mas Land dalam rangkaian peluncuran sebuah kawasan premium business gallery terbaru yang bernama Diamante yang terletak di kawasan eksklusif Kota Deltamas.

Apakah teman-teman ada yang belum tahu di mana Kota Deltamas? Atau seperti apa sebenarnya Kota Deltamas ini? jujur awalnya saya juga tidak tahu tentang Kota Deltamas ini, namun setelah mengunjunginya dan diajak tour mengelilingi kawasan Kota Deltamas ini, maka banyak hal menarik yang saya dapatkan di sini.

Dan kesan pertama saat saya sampai di sini sungguh luar biasa, saya terkagum-kagum dengan susana dan kondisi Kota Deltamas ini, sebab saya baru kali ini menemukan sebuah tempat yang memiliki desain dan tata kota yang sangat rapi dan menarik seperti ini, makanya saya tidak heran bila Kota Deltamas ini disebut-sebut sebagai Kota Mandiri Bertaraf Internasional.

KOTA DELTAMAS – KOTA MANDIRI BERTARAF INTERNASIONAL

Jadi, Kota Deltamas ini merupakan sebuah kawasan terpadu modern berbasis Industri kelas internasional yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land dan Sojitz Corporation yang merupakan salah satu perusahaan ternama dari Jepang dengan menghadirkan satu kawasan kota yang indah di Bekasi – Jawa Barat.

Kedua perusahaan tersebut kemudian mendirikan PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS) yang mengandeng PT Pembangunan Deltamas untuk mengembangkan Kota Deltamas menjadi sebuah kota mandiri dan pusat aktivitas di Timur Jakarta yang berkomitmen untuk menghadirkan fasilitas serta sarana dan prasarana terbaik untuk Kota Deltamas ini.

Kota Deltamas merupakan sebuah kota terpadu modern dengan luas area pengembangan kurang lebih 3200 hektar yang menyatukan kawasan komersial, industrial, hunian hingga pusat Pemerintahan Kabupaten Bekasi yang juga dilengkapi dengan fasilitas dan infrastuktur modern untuk menunjang gaya hidup mandiri.

Semua aspek yang ada di Kota Deltamas ini sepertinya telah direncanakan dengan matang, hal ini terlihat dari setiap kawasan yang ditata dengan sangat rapi dengan pembagian area per kawasan yang begitu apik, sehingga setiap kawasan memiliki fungsi dan peranannya masing-masing dengan sangat jelas.

Secara garis besar, Kota Deltamas ini terdiri dari beberapa kawasan utama yang terdiri dari kawasan komersial, industrial, hunian hingga pusat Pemerintahan Kabupaten Bekasi yang masing-masing kawasan mempunyai ungsi dan tujuannya masing-masing sebagai berikut:

Kawasan Komersial

Kawasan komersial merupakan sebuah kawasan yang disesain khusus untuk memenuhi berbagai keperluan akan barang ataupun jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat di Kota Deltamas ataupun di sekitarnya.

Untuk itu, dalam pembangunan kawasan kemersial ini, Kota Deltamas membaginya menjadi 3 kategori yaitu Main Boulevard yang merupakan kategori yang letaknya tepat di pinggir jalan utama, sedangkan Artery Boulevard merupakan kategori yang terletak di dalam lingkar distrik atau hunian, lalu Community ini merupakan kategori yang terletak di antara cluster.

Jadi diharapkan dengan pembagian area komersial seperti ini, maka masyarakat akan semakin mudah dalam mencari berbagai kebutuhan sehari-hari yang mereka inginkan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Dan hingga saat ini jumlah cluster komersial yang telah dibangun adalah 16 area, di antaranya ada Porto Square, Pasar Modern Al-Hambra, Greenland Square, Redwood, Spanish Square, Boulevard Fresno dan masih banyak yang lainnya.

Kawasan Industrial

Selanjutnya ada kawasan Industrial yang merupakan kawasan yang dibangun khusus sebagai tempat pemusatan kegiatan usaha atau produksi berbagai produk oleh perusahahan-perusahaan untuk memenuhi permintaan pasar baik dalam negeri hingga manca negara.

Dan di Kota Deltamas ini sendiri untuk kawasan industrialnya memiliki dua konsep, yaitu konsep pengembangan pertama bernama Greenland Batavia yang memiliki luas 50 hektar dan sudah selesai dibangun untuk industri ringan namun sudah habis terjual.

Dan saat ini sudah beroperasi kurang lebih ada 90 perusahaan dari berbagai jenis usaha, yang ada di Greenland Batavia ini, seperti Roti, plastic molding, chemical, automotive parts, dan masih banyak lagi jenis usaha lainnya.

Nah, kawasan Greenland Batavia ini letaknya sangat strategis yaitu berada di boulevard utama sehingga memberi kemudahan akses bagi pelaku industri namun keamanan tetap terjaga selama 24 jam. Selain itu, di sini juga sudah menerapkan konsep “standar factory building” yang ramah lingkungan, serta didukung dengan pusat makanan di Sentra Niaga.

Selanjutnya ada konsep pengembangan kedua yaitu GIIC (Greenland International Industrial Center) dengan luas 1,458 hektar ini hadir untuk para investor yang ingin mengembangkan investasinya atau memulai investasi baru di kawasan industri terbesar di Indonesia ini.

Kawasan GIIC ini sudah bergabung sebagai KLIK (Kawasan Langsung Investasi Kontruksi), dan di kawasan ini juga sudah terdapat Kawasan Industri Terpadu Indonesia-China (KITIC) yang akan mengembangkan lahan seluas 200 hektar bagi industri-industri China yang akan membuka usaha di Indonesia.

Dan kabar baiknya juga, GIIC ini akan masuk dalam kategori ZONI (Zona International) daerah industri yang terdiri dari 7 kawasan terbesar dan akan menjadi zona ekonomi spesial, sehingga dengan begitu, diharapkan Kota Deltamas menjadi sebagai salah satu penggerak ekonomi nasional.

Hal didukung dengan adanya rencana pemerintah untuk membuka jalur tol Karang – Tanjung yang akan memudahkan jalur distribusi bagi daerah-daerah industri di Kota Bekasi Khususnya.

Di kawasan GIIC ini banyak sekali perusahaan bertaraf internasional yang mendirikan perusahaannya di sini, di antaranya ada Suzuki, Mitsubishi, SAIC GM Wuling, AHM, Kalbe Group, Kohler, dan masih banyak lagi perusahaan besar lainnya.

Meskipun ada kawasan perindustrian yang ada di Kota Deltamas ini, namun masyarakat yang tinggal di sini tidak perlu takut, karena kewasan industri di GIIC ini merupakan kawasan non polluted atau tidak berpolusi karena sudah menerapkan standar-standar yang ramah lingkungan.

Kawasan Hunian

Kawasan Hunian ini hadir sebagai kawasan yang memang sengaja dibangun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal yang nyaman dan aman dengan mengusung konsep hunian modern yang dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana yang memadai untuk memudahkan masyarakat dalam menjalani kesehariannya di kawasan hunian ini.

Untuk kawasan hunian ini sendiri, ternyata Kota Deltamas sudah menyiapkan lahan khusus sekitar 26% dari total pengembangan Kota Deltamas. Dan  saat ini sudah terbangun sebanyak 16 cluster hunian di sini, seperti: Naraya Park, Woodchester, Malibu, Bahama, Pasadena, El Verde, Parthenon, Nice, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Hunian yang ada di Kota Deltamas ini memberikan banyak keunggulan, yaitu: terdapat fasilitas keamanan 24 jam kepada setiap penghuni dengan menghadirkan sistem single entry point berupa cluster. Dan untuk memenuhi kebutuhan sosial dan hiburan bagi penghuni di setiap clusternya disediakan juga Cluster Park yang terdiri dari tempat berkumpul, children playground dengan tema edutainment dan tersedia juga fasilitas untuk berolahraga.

Jadi kawasan hunian yang dihadirkan oleh Kota Deltamas ini benar-benar didesain untuk memberikan hunian yang modern dengan banyak faslitas yang memadai untuk memanjakan masyarakat yang menetap di sini.

Pusat Pemerintahan Kabupaten Bekasi

Dan juga yang menarik perhatian saya saat berada di Kota Deltamas ini adalah saat saya mengetahui bahwa di dalam Kota Deltamas ini tersedia kawasan khusus sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Bekasi. Dimana uniknya, pusat pemerintahan ini bebentuk pentagon dengan luas 40 hektar.

Nah, di kawasan ini sudah dibangun beberapa Badan Pemerintah yang terdiri dari: Kantor Bupati, Kantor DPRD, Kantor Bawasda, Kantor Bapeda, Kantor Kejaksaan, Mesjid Raya, dan Kantor Kepolisian Bekasi. Dan semua instansi pemerintah tersebut sudah berada dan beroperasi di Kota Deltamas sejak tahun 2004.

Jadi sungguh bahagia rasanya bagi warga yang tinggal di Kota Deltamas ini, jika ada keperluan dengan pemerintah tidak perlu pergi jauh-jauh dan buang-buang waktu yang lama di jalan karena kini pusat pemerintah Kabupaten Bekasi sudah ada dalam satu kawasan terpadu Kota Deltamas.

Selain keempat kawasan utama tersebut, dalam kawasan Kota Deltamas ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum, seperti hotel dan serviced apartment, kampus ITSB (Institut Teknologi dan Sains Bandung), Sekolah Pangudi Luhur, SMK Ananda Mitra Industri, Korean Education Complex, Jakarta Japanese School Cikarang, Deltamas Sport Center, dan tak lama lagi akan hadir Aeon Mall, Rumah Sakit Mitra Industri, serta berbagai fasilitas lainnya yang akan menunjang segala aktivitas masyarakat yang tinggal di Kode Deltamas dan sekiatarnya.

Dan juga yang sangat menarik dari Kota Deltamas ini yakni lokasinya yang sangat strategis karena berlokasi di sepanjang tol Jakarta – Cikampek, sehingga membuat Kota Deltamas memiliki akses langsung dari jalan tol di Km 37 keluar pintu tol Cikarang Barat, sehingga memungkinkan siapa saja dengan mudah untuk mengunjungi Kota Deltamas ini.

Selain itu, nantinya akan ada pengembangan jalur akses atau future development berupa jalan tol utama antara Jati Asih – Cikampek. Dimana jalan ini nantinya akan terhubung dengan jalan Outer Ring Road (JORR) sehingga memudahkan kita untuk melewati wilayah bagian selatan dari Kota Deltamas.

Bukan hanya itu saja loh, bahkan nantinya, tak jauh dari Kota Deltamas akan dibangun stasiun pemberhentian Kereta Cepat Jakarta – Bandung, sehingga semakin memudahkan kita untuk bepergian dengan akses yang cepat dari dan menuju Kota Deltamas.

Dan nantinya juga pemerintah berencana membangun infrastruktur yang baru berupa pelabuhan di daerah Patimban dekat Indramayu serta jalan tol baru dari Pelabuhan Tanjung Priok ke kawasan industri daerah Bekasi, Cikarang, Karawang dan Purwakarta untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas biaya dan waktu.

Oh iya, kemarin saat tour di Kota Deltamas ini yang menarik perhatian saya juga adalah karena tidak macet, jalanannya luas, masih banyak sekali lahan-lahan hijau dan juga danau yang memang sepertinya sengaja dibuat oleh Kota Deltamas untuk memberi ruang terbuka hijau di sini sehingga membuat suasana lingkungan menjadi asri dan sejuk.

Dan setelah mengetahui banyak fakta menarik terkait Kota Deltamas ini membuat saya merasa iri dengan warga yang tinggal di Kota Deltamas ini, dan saya berdoa semoga saya pun bisa memiliki hunian di sini agar bisa juga merasakan indahnya hidup di kawasan kota mandiri bertaraf Internasional ini. Aamiin…

DIAMANTE PREMIUM BUSINESS GALLERY  HADIR DI KAWASAN KOTA DELTAMAS

Sebanarnya selain bercita-cita memiliki hunian di Kota Deltamas ini, saya juga berangan-angan ingin juga punya usaha di sini, apalagi setelah kemarin saya mengetahui bahwa Kota Deltamas ini juga menghadirkan Premium Business Gallery yang menurut saya sangat cocok untuk membangun usaha di sini.

Jadi, Sinar Mas Land melalui PT Puradelta Lestari Tbk kini sengaja menghadirkan Premium Business Gallery yang diberi nama Diamante (bahasa latin dari Diamond) dengan segala fasilitas yang memiliki kualitas terbaik, sehingga sangat cocok bagi masyarakat yang menginginkan ruangan usaha dengan nuansa premium.

Bangunan komersial ini merupakan bangunan terbaru yang ada di kawasan ini dengan memiliki 3,5 lantai yang mengusung desain khusus untuk menjalankan berbagai macam usaha seperti perkantoran, bank, fast food, dan premium restaurant dengan nilai proyek sekiatr 40 milyar yang ditarget akan selesai pada tahun 2020 mendatang.

Selain itu, Diamante ini menawarkan berbagai macam keunggulan lain yang menarik yaitu hadir dengan 2 tipe bangunan yang bisa kita pilih sesuai dengan keinginan kita, yaitu ada tipe sudut dan tipe standard yang menghadap ke jalan dengan jumlah unit yang terbatas, yaitu hanya ada total 12 unit saja.

Untuk memberikan kenyamanan akses, Premium business gallery ini memiliki double entrance atau dua pintu masuk untuk memudahkan para pengunjung yang datang ke sini. Selain itu, bangunan ini didesain dengan konsep dan bahan pilihan sehingga membuatnya benar-benar tampil premium untuk sebuah tempat usaha yang nyaman.

Sebagai contohnya, nanti bangunan ini akan menggunakan pondasi dengan mini-pile, pre-cost wall untuk dinding, homogenous tile dengan tampak marble yang elegant untuk eksterior dindingnya, lalu menggunakan aluminium untuk kusen dan pintu utama, lalu plat beton untuk atap, dan gypsum untuk plafond.

Selain itu, Diamante ini juga sudah dilengkapi dengan sanitair, listrik, air dan instalasi telephone untuk menunjang kelancaran segala aktivitas bagi pengunanya. Jadi bagi orang yang menjalankan usaha di sini benar-benar akan dipermudah karena sudah didukung oleh berbagai fasilitas yang lengkap.

Dan jika kita ingin memiliki unit dari Diamante ini, maka kita harus menyiapkan uang mulai dari 2,9 milyar. Meskipun harganya lumayan mahal, namun pada kenyataannya tak sedikit juga orang yang datang untuk membeli unit-unit di Diamante ini, hal ini terlihat jelas saat acara launching kemarin.

Iya sih, minat masyarakat terhadap properti begitu meningkat belakangan ini, maka saya tidak heran kini produk properti komersial seperti ini juga memiliki potensi keuntungan yang besar sehingga membuat banyak orang tertarik untuk memilikinya, apa lagi business gallery ini dapat dimanfaatkan untuk usaha sendiri ataupun disewakan.

Dan Bapak Hongky J Nantung selaku President Director PT. Puradelta Lestari Tbk sekaligus CEO Commercial Sinar Mas Land mengungkapkan bahwa “melihat potensi pasar yang ada di kawasan ini terus berkembang, dengan peningkatan infrastruktur jalan, pusat pemerintah dan lainnya kami kembali menghadirkan premium business gallery untuk menjawab permintaan masyarakat saat ini.”

Selain itu, Beliau juga menambahkan bahwa perusahaannya sangat senang dengan hadirnya Diamante, karena dapat memperkaya fasilitas yang ada di kawasan kota Deltamas Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi. Dalam hal ini khususnya bagi masyarakat yang membutuhkan ruang usaha di lokasi strategis dengan gaya perkantoran yang eksklusif dan elegan.

Makanya tidak berlebihan jika saya bilang bahwa memiliki unit di Diamante ini sungguh suatu keputusan cerdas, sebab keberadaanya berlokasi di tempat yang sangat strategis serta memiliki akses tol sendiri di Km 37 serta tidak jauh dari Kantor Pemerintah Kabupaten Bekasi, serta dekat juga dengan Kawasan Industri GIIC (Greenland International Industrial Center) dan juga hunian masyarakat yang ada di Kota Deltamas ini.

Apakah teman-teman ada yang tertarik untuk menjalankan usaha di Diamante ini? ayo buruan beli, semoga saja belum kehabisan unitnya saat ini, karena unitnya sangat terbatas loh teman-teman, hanya 12 unit saja. 🙂

***

Jadi jika melihat penjelasan di atas, maka bisa saya simpulkan bahwa Kota Deltamas ini memang luar biasa istimewa karena mampu melahirkan berbagai inovasi untuk memfasilitasi masyarakat yang ada di Kota Deltamas dan sekitarnya sehingga mampu menjadikan kota ini sebagai The New Sunrise Property Area di Timur Jakarta dan membuat wilayah Bekasi kini menjadi salah satu lokasi yang tumbuh dengan cepat.

Dan sungguh tidak keliru jika Kota Deltamas dijuluki sebagai kota mandiri bertaraf internasional karena memang mampu mengintegrasikan hunian, komerial,  industrial dan pusat pemerintahan dalam satu kawasan secara terpadu dengan dukungan segala fasilitas dan infrastruktur yang luar biasa sehingga memberikan kenyaman untuk masyarakat yang bekerja dan tinggal di sini.

****

Artike ini ditulis oleh Imawan Anshari, pemenang juara ketiga Blog Competition #DeltamasDigitalDay

Saya tertarik dengan produk
Nama saya ,
hubungi saya di .
error: Content is protected !!